bahasa pemrograman Pascal mengenai menghitung luas lingkaran
Rumus luas lingkaran = pi(22/7)x(r(jari2)xr(jari2))
Coding 1:
Uses Wincrt;
Var r:Integer;
pi,L:Real;
Begin
pi:=22/7;
r:=10;
L:=pi*(r*r);
Write ('Luas lingkaran=',L:2:2);
End.
Coding 2:
Uses Wincrt;
var r:Integer;
pi,L:Real;
Begin
pi:=22/7;
Write('Jari-jari lingkaran=');Readln(r);
L:=pi*(r*r);
Write('Luas lingkaran=',L:2:2);
End.
Coding 1:
Uses Wincrt;
Var r:Integer;
pi,L:Real;
Begin
pi:=22/7;
r:=10;
L:=pi*(r*r);
Write ('Luas lingkaran=',L:2:2);
End.
Coding 2:
Uses Wincrt;
var r:Integer;
pi,L:Real;
Begin
pi:=22/7;
Write('Jari-jari lingkaran=');Readln(r);
L:=pi*(r*r);
Write('Luas lingkaran=',L:2:2);
End.
bahasa pemrograman Pascal mengenai menghitung luas dan keliling persegi panjang dengan case of berdasarkan inputan bilangan.
uses crt;
var panjang, lebar, luas, keliling, kode: integer;
begin
clrscr;
write('1. hitung luas');
write('2. hitung keliling');
writeln;
write('masukkan kode (1..2) : ');readln(kode);
case kode of
1: begin
writeln('menghitung luas persegi panjang');
write('masukkan panjang:');readln(panjang);
write('lebar : ');readln(lebar);
write('Luas = panjang * lebar : ');
writeln;
luas := panjang* lebar;
writeln('luasnya : ',luas);
readln;
end;
2: begin
writeln('menghitung keliling');
write('masukkan panjang : ');readln(panjang);
write('masukkan lebar : ');readln(lebar);
keliling:=2*panjang+2*lebar;
writeln('maka keliling: ',keliling);
readln;
end;
else
write('hahaha');
end;
readln;
end.
uses crt;
var panjang, lebar, luas, keliling, kode: integer;
begin
clrscr;
write('1. hitung luas');
write('2. hitung keliling');
writeln;
write('masukkan kode (1..2) : ');readln(kode);
case kode of
1: begin
writeln('menghitung luas persegi panjang');
write('masukkan panjang:');readln(panjang);
write('lebar : ');readln(lebar);
write('Luas = panjang * lebar : ');
writeln;
luas := panjang* lebar;
writeln('luasnya : ',luas);
readln;
end;
2: begin
writeln('menghitung keliling');
write('masukkan panjang : ');readln(panjang);
write('masukkan lebar : ');readln(lebar);
keliling:=2*panjang+2*lebar;
writeln('maka keliling: ',keliling);
readln;
end;
else
write('hahaha');
end;
readln;
end.
kemudian Run, tekan Ctrl+F9
input bilangan kedalam program
input bilangan kedalam program
2. program hitungluas; {nama program}
uses crt;
var {deklarasi variabel untuk program utama}
pilih : integer;
hasil : real;
ulang : char;
{membuat fungsi menu bertipe data integer}
function menu : integer;
var
pil:integer; {deklarasi variabel utk fungsi menu}
begin
{tampilkan menu program}
writeln('==============================');
writeln(' Program Hitung Luas');
writeln('==============================');
writeln('1. Hitung Luas Lingkaran');
writeln('2. Hitung Luas Segitiga');
writeln('3. Hitung Luas Persegi');
writeln('==============================');
write (' Pilihan Anda: ');readln(pil); {meminta input dari user dan disimpan di variabel pil}
writeln('==============================');
menu := pil; {mengembalikan nilai variabel pil pada fungsi menu}
end; {akhir fungsi menu}
{membuat fungsi lingkaran bertipe data real}
function lingkaran : real;
var {deklarasi variabel utk fungsi lingkaran}
pi, r : real;
begin
write('Jari-jari Lingkaran: '); {meminta input jari-jari lingkaran}
read(r); {dan disimpan di variabel r}
pi := 3.14; {memasukkan nilai 3.14 pd variabel pi}
lingkaran := pi*r*r; {menghitung luas lingkaran dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi lingkaran}
end; {akhir fungsi lingkaran}
{membuat fungsi segitiga bertipe data real}
function segitiga : real;
var
a, t : real; {deklarasi variabel utk fungsi segitiga}
begin
write('Alas Segitiga : ');{meminta input alas segitiga}
readln(a); {dan disimpan di variabel a }
write('Tinggi Segitiga : ');{meminta input tinggi segitiga}
readln(t); {dan disimpan di variabel t }
segitiga := 0.5*a*t; {menghitung luas segitiga dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi segitiga}
end; {akhir fungsi segitiga}
{membuat fungsi persegi bertipe data real}
function persegi : real ;
var
p, l : real; {deklarasi variabel utk fungsi persegi}
begin
write('Panjang Persegi : '); {meminta input panjang persegi}
readln(p); {dan disimpan di variabel p }
write('Lebar Persegi : '); {meminta input lebar persegi}
readln(l); {dan disimpan di variabel l }
persegi := p*l; {menghitung luas persegi dan mengembalikan nilai hasil pada fungsi persegi}
end; {akhir fungsi persegi}
{membuat prosedur nama utk menampilkan nama pembuat program ini}
procedure nama;
begin
writeln('==============================');
writeln(' Andi Sholihin'); {tampilkan nama pembuat program}
writeln(' Teknik Informatika');
writeln('==============================');
writeln;
end; {akhir prosedur nama}
{Program utama}
begin
repeat {lakukan perulangan repeat-until}
clrscr; {clear screen, membersihkan layar}
nama; {memanggil prosedur nama}
pilih := menu; {memanggil fungsi menu dan menyimpan pengembalian nilainya di variabel pilih}
case pilih of {penyeleksian kondisi variabel pilih dgn struktur Case}
1 : hasil := lingkaran ; {jika pilih = 1 maka panggil fungsi lingkaran dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}
2 : hasil := segitiga ; {jika pilih = 2 maka panggil fungsi segitiga dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}
3 : hasil := persegi ; {jika pilih = 3 maka panggil fungsi persegi dan masukkan hasilnya ke variabel hasil}
else writeln('Pilihan Anda Salah!'); {jika pilihan salah maka tampilkan peringatan}
writeln('==============================');
end;
if (pilih < 4) and (pilih > 0) then {jika nilai pilih lebih kecil dari 4 dan lebih besar dari 0}
begin
writeln('=============================='); {maka tampilkan nilai dari variabel hasil}
writeln('Hasil Perhitungan: ',hasil:5:2);
writeln('==============================');
end;
write('Coba lagi? (y/n) : ');readln(ulang); {meminta input apakah akan mengulang program? inputan disimpan di variabel ulang}
until (ulang = 'n') or (ulang = 'N') ; {perulangan repeat berhenti jika nilai variabel ulang = 'n' atau 'N'}
end. {akhir program utama}
Menghitung sebuah luas segitiga.
Luas = 1/2 x alas x tinggi.
Algoritma
=======
ALGORITMA Luas_Segitiga
{I.S.: User menginputkan alas dan tinggi sebuah segitiga}
{F.S.: Menampilkan hasil hitung luas segitiga tersebut}
DEKLARASI
alas, tinggi, luas : real
ALGORITMA
write ( 'Alas Segitiga : ' )
read ( alas )
write( 'Tinggi Segitiga : ')
read ( tinggi )
luas <-- alas * tinggi / 2
write ( 'Luas : ', luas )
Pascal
=====
program Luas_Segitiga ;
uses crt ;
var
alas : real ;
tinggi : real ;
luas : real ;
begin
writeln ( 'Luas Segitiga' ) ;
writeln ( '=============' ) ;
write ( 'Alas : ' ); readln ( alas ) ;
write ( 'Tinggi : ' ); readln ( tinggi ) ;
writeln ;
luas := alas * tinggi / 2 ;
writeln ( 'Hasil :' ) ;
writeln ( '-------' ) ;
writeln ( 'Luas Segitiga : ', luas:0:2 ) ;
readkey ;
end.
Luas = 1/2 x alas x tinggi.
Algoritma
=======
ALGORITMA Luas_Segitiga
{I.S.: User menginputkan alas dan tinggi sebuah segitiga}
{F.S.: Menampilkan hasil hitung luas segitiga tersebut}
DEKLARASI
alas, tinggi, luas : real
ALGORITMA
write ( 'Alas Segitiga : ' )
read ( alas )
write( 'Tinggi Segitiga : ')
read ( tinggi )
luas <-- alas * tinggi / 2
write ( 'Luas : ', luas )
Pascal
=====
program Luas_Segitiga ;
uses crt ;
var
alas : real ;
tinggi : real ;
luas : real ;
begin
writeln ( 'Luas Segitiga' ) ;
writeln ( '=============' ) ;
write ( 'Alas : ' ); readln ( alas ) ;
write ( 'Tinggi : ' ); readln ( tinggi ) ;
writeln ;
luas := alas * tinggi / 2 ;
writeln ( 'Hasil :' ) ;
writeln ( '-------' ) ;
writeln ( 'Luas Segitiga : ', luas:0:2 ) ;
readkey ;
end.